DbClix
SentraClix

Thursday, July 02, 2009

108 Kata Perenungan Master Cheng Yen ( 3 )

73. 從小培養孩子的感恩心,長大後才會懂得為社會付出。
Bila kita telah membina sikap tahu bersyukur sejak kecil, setelah dewasa ia dapat bersumbangsih bagi masyarakat.

74. 對的事就去做,做了就不要停歇,縱使生命會消失,慧命的光芒也會照耀人間,這就是生命價值的展現。
Terhadap hal-hal yang benar, lakukanlah tanpa ragu-ragu dan jangan berhenti di tengah jalan. Walaupun kehidupan dapat berakhir, namun kemilau cahaya kesadaran jiwa akan menerangi kehidupan. Inilah makna kehidupan yang sesungguhnya.

75. 感恩心,可以化解一切的人我是非。
Sikap tahu berterima kasih dapat menghapus segala permasalahan yang mungkin timbul antar sesama manusia.



76. 人生沒有十全十美,只怕掩蓋缺點;自我漏氣可以進步,懺悔則清淨。
Tidak ada yang sempurna dalam kehidupan manusia. Dalam kondisi ini yang perlu dikhawatirkan adalah kecenderungan untuk menutup-nutupi ketidaksempurnaan tersebut. Dengan mengakui kesalahan, hidup kita menjadi lebih baik. Dengan bertobat, hidup kita menjadi lebih suci.

77. 人若未經人事磨練,就練不出柔軟心。
Orang yang belum pernah menghadapi cobaan hidup, tak akan pernah berhasil melatih kelembutan hatinya.

78. 為人處世,實幹優於能幹,和氣勝過爭氣。以感恩心面對挫折、橫逆,自然能處之泰然。
Dalam bersikap dan menangani masalah, kejujuran lebih penting dibandingkan keahlian; dan bersikap ramah lebih baik dibandingkan bersitegang. Jika kita dapat menghadapi kegagalan dan halangan dengan rasa syukur, dengan sendirinya kita dapat bersikap tenang dan sabar.

79. 心能知足,不會彼此懷疑;心存感恩,就能以愛相待。
Bila hati kita dapat merasa puas, tidak akan muncul kecurigaan pada orang lain. Bila hati kita dapat merasa bersyukur, maka akan terjalin hubungan yang didasari kasih sayang.

80. 身處人群之中,須具備 善解、包容和感恩心,才能徹底排除人我是非的煩惱。
Jika ingin mendapat tempat dalam masyarakat, kita harus penuh pengertian, lapang dada, dan penuh syukur, sehingga kita baru bisa menghapuskan kerisauan yang muncul dari permasalahan antarsesama.

81. 困難是增長力量的大好因緣,能突破考驗,激發出潛在的上進精神,就不致捲入名利的漩渦中,不能自拔。
Kesulitan yang kita hadapi merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menumbuhkembangkan kekuatan dalam mengatasi segala cobaan, dapat membangkitkan semangat juang untuk maju, serta mencegah kita terjerat dalam arus mengejar ketenaran dan keuntungan.

82. 不要怕人多、事多 ------ 可以人事多,但不要是非多。
Jangan merasa khawatir atas banyaknya orang atau masalah yang harus dihadapi. Karena orang dan masalah boleh saja banyak, namun jangan sampai hal tersebut menimbulkan permasalahan.

83. 人的通病是膨脹自己容易,缩小自己卻很難。所以,人還是要結實一 點,不要「虛胖」。
Pada umumnya sifat buruk seseorang adalah mudah sekali menyombongkan diri, namun sangat sulit untuk bersikap rendah hati. Lebih baik berlaku jujur dan apa adanya, jangan suka mengada-ada.

84. 降低別人的標準,提高自己的水準。
Turunkan standar penilaian terhadap orang lain, sebaliknya tingkatkan standar penilaian terhadap diri sendiri.

85. 管理不是用口指揮他人,而是身體力行做榜樣。
Mengatur orang bukan dengan sikap memerintah, namun dengan memberi contoh dengan perbuatan nyata.

86. 「心眼」不是拿來看別人的,是要內觀自性。
Mata hati digunakan bukan untuk menilai orang lain, melainkan digunakan untuk meneliti sifat diri sendiri.

87. 若有一分透徹人生的覺,就不會事事與人計較。
Ketika kita menyadari makna dari sebuah kehidupan, kita tidak akan saling berhitungan dengan siapapun ketika menghadapi masalah.

88. 以真誠的微笑待人,是自我修養的一部分。
Salah satu dari usaha pembinaan diri adalah menghadapi tiap orang dengan senyuman yang tulus dan murni.

89. 廣結善緣的人生,處處受人歡迎;覺得世界充滿光明,事事都很可愛。
Kehidupan yang sarat dengan jalinan hubungan baik akan mendapatkan simpati dari banyak orang, dan segalanya akan tampak indah dan menyenangkan.

90. 做事需要公正,但不要剛硬。公正令人敬佩,剛硬卻會把人嚇退。
Dalam melakukan kegiatan dengan sikap yang adil akan membuat orang lain merasa hormat dan salut, dengan sikap yang kaku akan membuat orang mundur karena ketakutan.

91. 該自己去承擔的事,就盡心付出不退缩;不屬於自己的,就不要與人爭搶。
Hadapi dan tuntaskanlah tanggung jawab kita sendiri, tak perlu berebut dengan orang lain atas apa yang bukan menjadi tanggung jawab kita.

92. 無明火一生起,頃刻間便能摧毀長期辛苦維繫的親情、友情、愛情。
Hubungan keluarga, persahabatan dan kasih sayang yang dibangun dengan susah payah akan hancur seketika akibat kemarahan yang timbul karena kegelapan batin.

93. 對人沒有成見,遇事即能理智應對。
Jika tidak berprasangka terhadap orang lain, segala hal tentu dapat dihadapi dengan akal sehat.

94. 與人相處之道,應如星球運轉,能自身圓融,更要調整腳步彼此配合。
Bergaul dengan sesama bagaikan benda planet yang bergerak di lintasan yang bukan hanya menjaga kesempurnaan diri sendiri namun harus menyesuaikan diri dan saling bekerja sama dengan yang lain.

95. 人事困難,往往難在「人」,而非「事」。
Pada umumnya, kendala dalam mengatasi permasalahan terletak pada manusianya, bukan pada masalahnya.

96. 愛不因分享而減少,反而因傳遞而増長。
Cinta kasih tidak akan berkurang karena dibagikan, sebaliknya akan semakin tumbuh berkembang karena diteruskan kepada orang lain.

97. 是非雜音,不能多我一個;相互關心,不能少我一個。
Jangan libatkan saya dalam pergunjingan, tapi libatkan saya pada kegiatan menebarkan cinta kasih kepada sesama, karena itu adalah kewajiban saya.

98. 走入人群,實際去做,才能認識真實人生。
Dengan membaur di dalam kehidupan bermasyarakat dan melakukan sesuatu secara nyata, baru kita dapat mengenal kehidupan yang sesungguhnya.
99. 愛,對人生很重要,但要愛得清淨、普遍;若只對少數對象有愛,就會衍生煩惱。
Cinta kasih memang sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, namun harus berwujud cinta kasih suci dan setara, apabila cinta kasih hanya ditujukan kepada kalangan terbatas akan menimbulkan kerisauan.

100. 看見別人有成就,應該歡喜、立志學習;看見別人的苦難,應該悲憫、設法幫助。
Ketika melihat orang lain berhasil, kita semestinya turut merasa senang dan mau belajar darinya; ketika menyaksikan penderitaan orang lain, kita semestnya merasa iba dan mau berusaha untuk membantunya.


101. 時時自我祝福,讓自己生活在滿足之中;時時祝福他人,讓他人生活在祥和之中。
Barkatilah diri sendiri selalu, agar kita dapat hidup di dalam alam kepuasan, berkatilah orang lain selalu, agar hidup orang lain berada di dalam kedamaian.

102. 若平常過的都是「互相找缺點」的生活,那麼生活中就會充滿缺點,彼此過得非常辛苦。
Andaikan menjalani kehidupan selalu dengan saling mencari-cari kekurangan dan kesalahan satu sama lain, maka kehidupan akan penuh dengan kekurangan dan kesalahan, semua orang sama sama menjalani kehidupan yang sangat menderita.

103. 人事的紛紜,就如走路難免踢到石頭,要用智慧面對,不讓是非影響心境,更不捲入是非之中。
Begitu banyaknya permasalahan di dalam kehidupan, mungkin saja ada yang membuat diri kita terluka, hadapi dengan bijaksana, jangan biarkan hal tersebut mempengaruhi kondisi hati, terlebih lagi jangan sampai ikut terjerumus ke dalamnya.

104. 好話多說,是非不談。
Ucapkan lebih banyak kata-kata baik dan jangan perbincangkan permasalahan orang lain.

105. 心靈健康三要 ------ 樂觀、善解、有愛。
Tiga syarat utama untuk menyehatkan batin adalah bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.

106. 莫聽片面的批評,就斷定對方行為不當,即使別人有錯,也要找出他的優點,去善解和關懷。
Jangan dengan hanya mendengarkan kritik dari satu pihak, lalu kita memutuskan bahwa perilaku orang tersebut tercela, kalaupun orang itu memang bersalah, juga harus berusaha mencari sisi baiknya, berusaha untuk mengerti dan memberi perhatian.

107. 以別人的快樂為自己的快樂,以別人的富有為自己的富有,就是富足的人生。
Kehidupan yang penuh berkah dan kepuasan adalah ketika mampu menjadikan kegembiraan orang lain sebagai kebahagiaan diri sendiri serta menjadikan keberhasilan orang lain sebagai kebanggaan diri sendiri.

108. 無心往壞處想的人,壞話都會成為好話;有心於是非的人,好話也會惹來是非。
Kata-kata yang kurang pantas dapat berubah menjadi kata-kata baik bagi orang yang berniat baik; kata-kata baik bisa menimbulkan permasalahan bagi orang yang berniat buruk.

Related Post :

0 comments: