DbClix
SentraClix

Monday, October 19, 2009

Kata - Kata Perenungan Master Cheng Yen ( 6 )

Setiap saat bersumbangsih dengan ikhlas akan membuat kondisi hati selalu berada dalam suasana penuh suka cita.

Bila menginginkan sebuah kehidupan dengan berkah melimpah, harus terlebih dahulu mau bersumbangsih bagi kepentingan orang banyak.


Kesadaran yang tercapai dalam sesaat sering berlalu begitu saja seketika itu juga. Ketika membangun ikrar dan mengucapkan tekad semestinya dapat dipertahankan sepanjang masa.

Keberadaan raga duniawi hanyalah sementara sedangkan kesadaran batin adalah abadi. Seseorang yang tahu akan hal ini, akan mempersembahkan waktu dan kehidupan pribadi untuk pencapaian kesadaran batin.

Kehidupan manusia tidak sebatas seberapa lama hidup di dunia ini. Bila setiap saat tidak lupa untuk mengabdikan diri bagi kepentingan orang banyak, baru merupakan kehidupan yang benar-benar berarti.

Jangan merasa kwatir kapan kehidupan ini akan berakhir. Jika waktunya tiba, ini akan terjadi sesuai dengan kodratnya.

Kehidupan ini tidak kekal dan sulit diprediksi, namun masih banyak sekali hal yang harus dilakukan, maka dari itu setiap detiknya harusnya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dalam kehidupan sehari-hari, ketika melakukan sesuatu tanpa dipikirkan dulu dengan sepenuh hati, juga tidak dikerjakan dengan sungguh-sungguh, ini sama saja seperti hidup dalam keadaan tidak sadar dan hanya menyia-nyiakan waktu saja.

Bila dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam hal berkepribadian dan menangani urusan , kehidupan seperti ini adalah kehidupan yang sangat indah dan semarak.

Semasa hidup, hal terpenting adalah menjaga agar berkehidupan dengan baik dan taat pada tata krama selaku manusia.

Jalinlah jodoh baik sepanjang masa dengan orang banyak, karena ketika masanya tiba semua orang akan dapat saling mendukung untuk mencapai keberhasilan.

Kesibukan banyak orang pada umumnya sibuk tidak menentu, sedangkan orang yang benar-benar sibuk adalah sibuk dalam bekerja, namun hati tetap tenang.

Selalu dirasakan kurang bagi setiap orang adalah waktu, maka waktu dalam kehidupan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Kehidupan manusia selalu dilalui dengan sibuk dan tergesa-gesa. Dalam kondisi tenang tanpa kegiatan, seharusnya dapat memikirkan makna dari kehidupan. Namun ketika sedang sibuk, hendaknya dapat bersungguh-sungguh dalam menciptakan karma baik.

Batin manusia yang mengarah bijak akan mendatangkan berkah tanpa batas bagi masyarakat. Batin Marusia yang cenderung jahat merupakan kekuatan besar yang berbahaya bagi masyarakat.

Bilamana dapat berpakaian bersih dan rapi, walaupun hanya berupa pakaian sederhana dari bahan katun, tetap saja dapat menunjukkan penampilan yang menarik.

Pada desempatan terlahr di dunia ini, jika hidup masa bodoh dan membiarkan waktu berlalu dengan begitu saja, tanpa meninggalkan sesuatu yang berkesan, kehidupan seperti ini sungguh sangat disayangkan.

Bila semua orang mau sama-sama memikul tanggung jawab terhadap kehidupan ini, maka di dunia ini tiada yang mustahil untuk dilakukan.

Related Post :

0 comments: