DbClix
SentraClix

Saturday, June 13, 2009

Hidup Bahagia

Semua orang ingin bahagia, namun seringkali kebahagiaan itu seperti seekor kupu-kupu indah yang sulit ditangkap. Padahal kebahgian itu berada begitu dekat dengan anda. Tulisan ini akan menunjukan bahwa anda tidak perlu mengejar kupu-kupu kebahagiaan itu. Dengan langkah-langkah bijak, kupu-kupu kebahagiaan itu akan menghampiri anda.

10 Langkah Bijak Untuk menjadi Bahagia :


1. Nikmatilah Hidup Anda
Orang-0rang bijak mengatakan bahwa hidup ini adalah suatu perjalanan yang harus dinikmati, dan saat untuk menikmatinya adalah saat ini, bukan kemaren atau esok. Masa lalu telah menjadi sejarah, dan masa depan masih suatu misteri, namun saat ini adalah suatu karunia. Saat inilah yang betul-betul anda miliki dan sedang anda jalani. Hanya apabila anda bisa menghargai dan menikmatinya, maka hidup anda akan menjadi saat-saat yang membahagiakan.

2. Buatlah Hidup Anda Ringan
Setiap pagi, bangunlah dengan ucapan syukur untuk hari yang baru. Janganlah memulai hari anda dengan keluhan, agar sisa hari yang anda jalani tidak kelabu. Hadapilah setiap tugas rutin dengan hati yang senang. Selesaikanlah setiap masalah dengan hati lapang. Usahakanlah untuk melakukan kegiatan yang dapat menyenangkan hati. Menjelang tidur, tinggalkanlah semua beban pikiran dan nikmatilah waktu istirahat, agar esok anda bangun dengan tubuh dan pikiran yang segar.
“Hidup ini ringan, jika anda, jika Anda membuat ringan, tapi hidup ini jadi berat, jika anda membuatnya berat.”

3. Perihalah Kesehatan Anda
Kesehatan adalah aset yang sangat berharga untuk meraih kebahagiaan. Bayangkan, betapa sulitnya anda merasa bahagia, ketika gigi anda sakit atau rematik anda kambuh. Rawatlah tubuh anda, makanlah makanan bergizi, beristirahatlah secukupnya dan berolah raga secara teratur.

4. Belajarlah Mensyukuri Apa Yang Anda Miliki
Kalau mau jujur, banyak sekali yang bisa anda syukuri dalam hidup, dan semakin mudah anda mensyukurinya, semakin dekat anda dengan kebahagiaan.
“Ingatlah bahwa ketidak-puasan terhadap apa yang anda miliki adalah sumber ketidak-bahagiaan.”

5. Sayangilah Diri Anda Sendiri
Terimalah segala ketidak sempurnaan anda tanpa kemarahan dan kebencian. Maafkanlah diri anda setiap kali anda sadar telah melakukan kesalahan. Berilah hadiah atau imbalan setiap kali anda meraih keberhasilan sekecil apapun. Berusahalah untuk selalu memberikan yang terbaik kepada diri sendiri.

6. Berjiwa Besar
Tidak ada gunanya memendam kemarahan, kebencian dan iri hati. Semua itu hanya membebani anda dengan perasaan negatif yang tidak menyenangkan. Belajarlah untuk memaafkan kesalahan orang lain, mengerti perasaan orang lain, mentolerir kelemahan orang lain dan menghargai prinsip orang lain yang berbeda dengan anda.

7. Bersahabatlah
Meskipun tidak semua orang jadi sahabat, namun anda perlu memiliki beberapa orang sahabat dekat. Sahabat dapat membantu pertumbuhan kepribadian, sahabat bisa menjadi tempat berbagi, bercermin dan belajar. Persahabatan sejati akan mencerminkan nuansa-nuansa kebahagiaan dalam hidup anda.

8. Buatlah Orang Lain Merasa Bahagia
Ulurankan tangan kepada orang yang memerlukan bantuan anda, jadilah pendengar yang baik ketika orang lain mencurahkan isi hatinya, hiburlah orang yang sedang dilanda kesusahan dan sebagainya. Semua kebaikan yang anda perbuat akan memperkaya hidup anda dengan pengalaman-pengalaman yang membahagiakan.
”Kebahagiaan datang pada saat anda tidak mengejarnya untuk diri sendiri, melainkan pada saat anda membagi-bagikannya.”

9. Bersikaplah Optimis
Ketika anda menghadapi masalah besar atau krisis, anda dapat memilih untuk tetap bersikap optimis. Milikilah keyakinan bahwa badai pasti berlalu, keadaan akan menajdi lebih baik, persoalan akan terselesaikan.
Anda bisa melihat kesukaran bukan sebagai batu sandungan yang menjatuhkan, tapi sebagai batu loncatan yang bisa membuat anda naik atau sebagai ujian yang bisa membuat anda lebih bijak.
“Optimisme bagaikan nyala api yang menemani anda berjalan di kegelapan malam.”

10. Percayalah dan Serahkan Hidup Anda Pada Buddha
Anda mempercayai Buddha sebagai sumber kebahagiaan, serahkanlah hidup anda dan seluruh beban anda kepada Buddha. Buatlah Dia tersenyum dengan mentaati-Nya. Semakin harmonis hubungan anda dengan Buddha, semakin harmonis hubungan anda dengan diri sendiri, maka semakin mudah anda meraih kebahagiaan.

Demikianlah 10 langkah bijak untuk menjadi bahagia telah dijelaskan. Semoga nasehat singkat ini bisa menjadi pedoman untuk dilaksanakan dalam mengarungi bahtera kehidupan, menjadi manusia yang sehat dan bahagia lahir maupun batin. Akhir kata selamat mencoba dan berjuang ! Semoga semua makhluk hidup berbahagia ! Sadhu, Sadhu, Sadhu !

@Harmoni No.05/02/V/HAR/06

Related Post :

0 comments: