DbClix
SentraClix

Saturday, July 25, 2009

Kata - Kata Perenungan Master Cheng Yen ( 2 )

1. Kehidupan manusia yang memuaskan bukan tergantung pada materi, kekuasaan, ketenaran dan kedudukan, tapi pada perhatian dan kesetia-kawanan antar sesama manusia.

2. Maksud dan kepasrahan dalam hidup ? Bukan berarti pesismis, malah adalah aktif dan optimis, bukan berarti lari dari kenyataan, tapi lebih memahaminya.

3. Maksud dan kepasrahan dalam hidup, bukan berati tidak melakukan suatu apapun, malah adalah melakukan kebajikan setiap saat, juga bukannya berarti tidak memiliki apapun, namun merasa puas akan apa adanya.



4. Hal paling mantap dalam kehidupan ini adalah dapat bersumbangsih sesuai kemampuan yang ada dengan sesegera mungkin dan pada saat ini juga.

5. Mampu merasakan kegembiraan orang lain bagai kegembiraan diri sendiri, merupakan kehidupan paling kaya dan penuh kepuasan.

6. Kesuksesan dalam kehidupan puluhan tahun merupakan akumulasi dari perbuatan dan tutur kata setiap hari, maka jagalah perbuatan dan tutur kata dalam keseharian dengan sebaik-baiknya.

7. Kehidupan manusia bagai meniti seutas kawat baja, bila tidak sungguh-sungguh melihat ke depan malah selalu menoleh ke belakang pasti akan terjatuh ke bawah.

8. Tahu intropeksi diri terhadap masa lalu, baru merupakan kehidupan yang benar.

9. Meskipun kehidupan manusia bagaikan panggung sandiwara, tetap saja harus dijalani dengan benar dan seksama, tidak berhura-hura dan semaunya saja.

10. Bersumbangsih sesungguhnya merupakan pendapatan terbesar.

11. Hati tenteram masih bisa berbuat sesuatu, bersuka cita dan berjiwa besar semuanya merupakan keberkahan.

12. Beramal bagaikan menyedot air sumur, hanya dengan terus beramal, baru bisa menciptakan dan memperbanyak berkah bagi diri kita.

13. Orang yang mampu memberi lebih beruntung daripada orang hanya bisa menerima.

14. Asal ada kesungguhan hati tentu akan ada kekuatan.

15. Lebih banyak bersumbangsih, akan mendatangkan lebih banyak keberhasilan.

16. Orang yang suka beramal, batinnya selalu merasakan kedamaian dan suka-cita.

17. Konsep sebaik apapun, bila tidak dijalankan, sama saja seperti omong kosong. Perbuatan sebaik apapun, kalau tidak dijalankan dengan falsafah yang benar, sulit untuk berhasil.

18. Niat baik yang diikrarkan harus dijalankan, bukan ada di mulut saja, hanya dibicarakan namun tidak pernah dilaksanakan.

19. Tidak berbuat jahat adalah kewajiban sebagai manusia, berbaik hati tapi tidak diterapkan dalam tindakan tiada artinya sama sekali.

20. Berdana bukan hak monopoli orang kaya, namun merupakan wujud persembahan kasih sayang yang tulus.

21. Bila kondisi hati bersuka cita, setiap saat ada kemujuran.

22. Ikrarkan niat luhur, ucapkan kata baik dan lakukan hal baik.

23. Dunia damai sejahtera bila hati semua orang penuh dengan kebajikan, bencana datang di kala hati manusia diliput niat jahat.

24. Dengan berbuat satu kebajikan dapat menghapus ribuan bencana.

25. Orang yang hiduonya bersahaja adalah orang yang paling kaya.

26. Mampu mengalah dan lebih mengasihi orang, kehidupan akan dapat dijalani dengan lebih berbahagia.

Related Post :

0 comments: